Sistem informasi manajemen

Kemampuan mengelola informasi merupakan factor dasar yang menentukan dalam proses manajemen (unsur-unsur manajemen) manajemen sangat berperan dalam kehidupan organisasi, apalagi organisasi “modern” seperti saat sekarang ini. Tidak ada kegiatan yang dilakukan tanpa menggunakan informasi. Sistem Informasi Manajemen.

Menurut Wilbul Scrhram “bila kita mengadakan komunukasi maka kita berusaha untuk menciptakan persamaan mengenai informasi, ide atau pikiran serta sikap kita dengan orang lain ‘organisasi” informasi diartikan sebagai suatu penyampaian pesan yang diharapkan menumbuhkan terciptanya persamaan mengnai pesan tertentu antara komunikator dengan komonikan. Setiap bentuk informasi punya sifat timbale balik oleh karena itudalam proses informasi paling sedikit terdapat 5 komponen yang terlibat :

Sumber
Komunikan
Pesan
Media
efek.

Semua komponen dalam prose situ sama pentingnya walaupun unsure pesan lebih dominant dalam intraksi yang dilakukan. Sistem Informasi Manajemen.

Fungsi sistem informasi dalam organisasi

Organisasi punya dua pengertian yakni secra dinamis yaitu: kegiatan pembagian tugas dan tanggung jawab secra terperinci. Sedangkan menurut statis adalah: wadah, rangka dasar dimana orang melakukan tugasnya masing-masing

Metode pola organisasi memungkinkan sistem informasi dalam arah yang berbeda2

sistem informasi kebawah spt: instruksi, memo, pengumuman
sistem informasi keatas spt: laporan pertanggung jawaban
sistemn informasi horizontal spt : kerjasama antara kepala bagian dengan kepala bagian yang lain
sistem informasi diagonal spt: berlangsung pada organisasi yang menerapkan sistem fungsinal, informasi ini berlangsung antara pimpinan dengan staf dg bagian yang lain antara pimpinan seksi dengan karyawan dan seksi lain yang punya hubungan kerja

Internal Information sistem

Informasi ini dapat dibagi menjadi 2 bentuk

Personal communication sistem
Group communication sistem

Small group communication sistem
Large group communication sistem

Menurut Robert Bals yang dimaksud dengan small group adalah : sejumlah orang yang terlibat dalam intraksi satu sama lain dalam suatu pertemuan yang bersifat tatap muka dimana setiap peserta mendapat kesan/ penglihatan antara satu sama lain yang cukup jelas sehingga pada saat itulah timbul pertanyaan maupun sesudahnya dapat memberikan tanggapan pada pihak lain.

sumber : http://www.masbied.com/2011/08/27/sistem-informasi-manajemen/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: