ORGANISASI

TUGAS ORGANISASI

PERANAN MANAJEMEN DALAM ORGANISASI

PENDAHULUAN

Mencapai tujuan yang diinginkan melalui proses manajemen dalam organisasi tersebut, tentunya dimulai dari bagaimana memahami dirinya sendiri sebagai manajer atau pimpinan. Bagaimana kemampuan dan kecakapan yang dimilikinya dan srategi apa yang digunakan untuk mempercepat proses pelaksanaan pencapaian tujuan tersebut. Berikut akan saya jabarkan sesuai dengan informasi yang telah dicari.

ISI
Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, perorganisasian, pengalaman dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Manajemen yang baik adalah bagaimana alur implementasinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tanpa troble dan sesuai denga prinsip-prinsip dan fungsi manajemen, faktannya dalam operasional dilapangan tidak semudah dan segampang yang dibahas dalam berbagai teori manajemen, mengapa?
Dilihat dari segi kepentingan individu atau organisasi sering kali sulit disingkronkan karena memiliki kepentingan yang berbeda yang apabila tidak mampu mengendalikannya maka akan terjadi penyimpangan yang pada ujungnya dapat merugikan organisasi itu sendiri atau bisa saja pihak lain, hal inilah yang menjadi sebuah tantangan bagi seorang pemimpin organisasi untuk memanage.

FUNGSI MANAJEMEN MENURUT BEBERAPA AHLI
Fungsi Manajemen menurut George R.Terry :
– (Planning)
– (Organizing)
-(Actuating)
– (Controlling)

Fungsi Manajemen menurut Luther Gulick :
-(Planning)
-(Organizing)
-(Stafing)
-(Directing)
-(Coordinating)
-(Reporting)
-(Controlling)

Fungsi Manajemen menurut Ernest Dale :
-(Planning)
-(Organizing)
-(Staffing)
-(Directing)
-(Innovating)
-(Respecting)
-(Controlling)

PERAN PENTING MANAJEMEN DALAM ORGANISASI

Manajemen dikatakan penting dalam menjalankan kegiatan organisasi, pada dasarnya :

1. Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri sehingga diperlukan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya.
2. Suatu organisasi akan berhasil guna dan berdaya guna.
3. Manajemen yang baikm dapat meningkatkan kinerja dari semua potensi yang dimiliki.
4. Manajemen yang baik akan menghindari dan mengurangi pemborosan.
5. Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi.
6. Manajemen merupakan suatu pedoman pemikiran dan tindakan kegiatan organisasi.
7. Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisasi, komunikasi yang kontruktif, seimbang, searah saling menghormati, dan menghargai mencintai sebagai tujuan dapat dioptimalkan.
8. Manajemen diperlukan untuk kemajuan, dan pertumbuhan juga perkembangan agar lebih baik lagi.

PENGERTIAN ORGANISASI

Kata ”organisasi” mempunyai dua pengertian umum, pengertian pertama menandakan suatu lembaga atau kelompok fungsional seperti: organisasi perusahaan, instansi pemerintah, rumah sakit dan sebagainya, dan pengertian yang kedua berkenaan sebagai ”proses pengorganisasian” yaitu sebagai suatu cara dalam mana kegiatan organisasi dialokasikan dan ditugaskan di antara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien. Sedangkan pengorganisasian (organizing) adalah merupakan proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumberdaya-sumberdaya yang dimiliki dan lingkungan yang melingkupinya.

KESIMPULAN
Jadi manajemen dalam organisasi dibutuhkan suatu manajer atau pimpinan yang memiliki perencanaan, pengendalian dan pengalaman agar tidak terjadi penyimpangan dan kerugian didalam organisasi tersebut. Dalam memanage organisasi juga dibutuhkan kerja sama tugas dan tanggung jawab antara yang lain untuk menyelesaikannya.

DAFTAR PUSTAKA
images.stiebinabangsa.multiply.multiplycontent.com/…/…

http://zonaekis.com/fungsi-manajemen-di-dalam-organisasi/

2 responses to this post.

  1. really great post … terimakasih banyak yah ,,, artikel ini benar2 sangat membantu saya dalam mengerjakan research pribadi … many thanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: