CARA MERAWAT DAN MEMELIHARA HAMSTER

Kali ini saya akan membahas tentang hobi saya , yaitu merawat dan memelihara hamster. Sekitar tahun 2010 saya memulai untuk memutuskan memelihara hamster. Awalnya saya membeli hamster jenis syran anggora di teman sekolah, saat itu saya membeli sepasang , nah gak lama kemudian si betina hamil tetapi saya kaget karena sudah 2x kehamilan anak yang dilahirkan dimakan oleh si induk. Karena masih pemula sebagai pemelihara hamster saat itu saya mencari tahu kepada teman , bagaimana agar si induk gak memakan anaknya. Kesalahannya adalah karena lokasi kandang yang kurang tenang membuat si induk akan seperti panik ketakutan. Dalam mencari tahu kepada teman juga penjual hamster mereka mengatakan bahwa , ketika si induk hamster hamil pertama pisahkan si betina dengan jantan karena saat si betina hamil ia akan jauh lebih agresif dari biasanya, seperti menyerang si jantan dengan menggigitnya. Kemudian letakan kandang hamster ditempat yang gelap serta tenang dari kebisingan, karena kalau tidak si induk akan merasa kurang aman sehingga ia akan lebih memilih memakan anaknya sendiri dibanding dengan dimakan oleh binatang lain. Beberapa penyebab betina memakan anaknya adalah karena si betina masih terlalu muda ketika ia hamil sehingga ia belum siap untuk memiliki anak, oleh karena itu ia akan memakan anaknya, sedikit aneh memang tapi ini kenyataannya. Lalu alasan lain mengapa si betina memakan anaknya adalah karena si induk mengetahui bahwa anaknya terlahir cacat , how amazing god make a little cutee animal like hamster know that.

DSC00276

baby hammy yang telah lahir , sekitar usia 3minggu

Buat para pemula binatang ini adalah yang paling mudah untuk dipelihara, saya akan memberikan tips kepada anda yang akan atau ingin memelihara hamster:
1. Beli kandang hamster sesuai yang anda inginkan, tetapi saran saya lebih baik menggunakan media aquarium karena saat pembersihan kandang lebih mudah, jika ingin ada mainan seperti kandang yang sudah ada, anda bisa membelinya di pet shop untuk menambahkan aksesoris mainan kedalam aquariumnya.
2. Gunakan pasir atau serbuk kayu, saran saya adalah lebih baik gunakan pasir karena pengiritan uangnya juga hehehe soalnya bisa digunakan 2 sampai 3 kali pakai, jadi pasir bisa dicuci dan dipakai lagi. Pastikan saat memasukan pasir kedalam kandang atau aquarium dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu karena hamster sensitif terhadap debu , mengapa demikian ? saya akan membahasnya nanti. Oiya , guys pembersihan kandangan dianjurkan 1 minggu sekali karena pipis dari si hammy ini agak bau pesing kalau terlalu lama gak dibersihini kandangnya.
3. Yang paling penting adalah pemilihan hamster , tergantung selera dan bugget kalian bisa beli yang mana hehe . Disini saya membeli jenis syrian anggora bukan karena murah saja melainkan karena unik bulunya lebat . Saran saya jika ingin membeli hamster yang akan dikawinkan pilih hamster yang usianya sudah pas untuk kawin yaitu sekitar 2bln keatas agar ketika nanti mereka kawin sudah siap.
4. Pilih makan makanan hamster yaitu kuaci, tetapi saat saya melakukan pencarian lalu menemukan situsnya http://hamsterhamsteran.byethost8.com/hamil.html , bahwa hamster tak hanya memakan kuaci saja , bisa memberikan mereka dengan biskuit yang diremahkan lalu biji-bijian, tauge, wortel dan sayuran lainnya. Untuk itu saya melakukan pemberian pakan tersebut dan benar mereka suka. Karena yang saya tau dari http://kasamago.wordpress.com/2011/08/21/beberapa-jenis-penyakit-hamster/ bahwa pemberian makan kuaci yang terlalu banyak kepada si hammy akan menyebabkan obesitas , oleh karena itu tidak baik untuk kesehatan si hammy dan juga agar si hammy tidak cepat bosan oleh makanannya.

Sebelumnya saya memberitahukan mengapa disaat memasukan pasir dicuci terlebih dahulu karena hamster sangat sensitif dengan debu, kebanyakan pasir yang di pet shop mereka masih banyak debu dari pasir tersebut, oleh karena itu lakukan pencucian pasir terlebih dahulu. Karena dari pengalaman saya, hamster saya terkena iritasi mata akibat belum paham kalau pasir dicuci terlebih dahulu. Bagaimana cara mengatasinya ? nah, menurut http://kasamago.wordpress.com/2011/08/21/beberapajenis-penyakit-hamster/
Iritasi Mata
Hamster sangat mudah terkena serpihan kayu maupun debu saat dia menggali-gali.
Gejalanya :
• Mata tertutup atau kadang terbuka sedikit & berair
• Terlihat ada kotoran di matanya
Cara menangani:
• Usap Mata hamster dengan kapas yang diberi air hangat perlahan.
• Bersihkan kotoran mata ginhha bersih.
• Teteskan 1 tetes obat mata untuk iritasi ringan.
Benar adanya ketika mata hamster saya mengalami iritasi mata , lalu saya memberikan obat mata dengan mengusapnya menggunakan cottonbat . Kemudian mata hammy tidak berair lagi.

SUMBER :

http://kasamago.wordpress.com/2011/08/21/beberapa-jenis-penyakit-hamster/

http://hamsterhamsteran.byethost8.com/hamil.html

Tinggalkan Balasan

