SIA-wawancara ukm

TUGAS WAWANCARA

Berikut adalah hasil wawancara yang telah saya dan teman-teman saya       lakukan pada hari Senin, 28 oktober 2013. Yang dilakukan pada kedai atau warung   yang menjual sosis, bakso, dan otak-otak bakar.

IMG-20131028-01809

Kami melakukan survey kepada pemilik dengan menanyakan beberapa pertanyaan , kedai atau warung ini di buka pada tahun 2011. Telah dikatakan bahwa modal awal yang mereka keluarkan sebesar 300rb dengan uang pribadi yang mereka miliki. Adapun barang-barang yang terdiri dari :

–          kompor

–          gas

–          tempat untuk makanan sosis dll

–          kuas

–          tusukan

–          plastik

Lalu bahan-bahan dan bumbu yang dimasak antara lain :

–          kecap

–          cabai

–          mentega

–          bumbu rasa balado

–          bumbu rasa pedas manis

–          bumbu rasa ayam bakar

–          bumbu rasa rendang

–          bumbu rasa sate

–          bumbu rasa mayones

Biaya untuk bumbu sekitar 100rb untuk seharinya, dan untuk pembelian sosis ,       bakso   dan otak-otak sekitar 550rb perharinya dengan membeli dipasar wisma asri.   Mereka melakukan pembelian kebutuhan stock dengan pesan antar. Lebih      seringnya         dagangan yang mereka jual habis tetapi terkadang sisa, mereka membeli tiap sosis,         bakso dan otak-otaknya sekitar 5dus perhari, yang 1dus nya berisi sekitar 700        tusuk. Kalau pun sisa biasanya sisa 200 tusuk. Omzet yang mereka peroleh pada         awal penjualan sekitar 90rb saja tetapi sekarang bisa mencapai 300rb perhari    tetapi jika menjelang weekend bisa hingga 500rb keuntungan yang mereka dapat.             Keuntungan jualan ini lah mereka jadikan sebagai kebutuhan hidup mereka             sehari-sehari untuk sekolah anak, makan dan sisanya ditabung.Konsumen yang biasa beli biasanya kebanyakan para pelajar , mahasiswa, tetapi ada juga yang orang tua. Menurut yang mereka katakan bahwa mereka memiliki pelanggan tetap yang berasal dari PT yaitu seperti PT yamaha music dan MNC, mereka biasanya         melakukan pemesanan antar. Kedai sosis yang di miliki pak Nugraha ini bisa             dilakukan dengan cara pesan antar, tetapi ada kriteria untuk pemesanan yaitu dengan            pembelanjaan lebih dari 30rb maka bisa untuk diantar. Tak hanya pelanggan           tetap kedai yang ia miliki juga bisa dilakukan pemesanan untuk acara penting    seperti ulangtahun dan lain lain.

Sistem pembayaran yang mereka lakukan adalah dengan ada uang berarti ada         barang, tidak terjadi hutang antara penjual dengan konsumen. Biasanya mereka    melakukan pencatatan data pengeluaran atau pembelian barang dengan melakukan             pencatatan pada buku yang mereka miliki. Untuk pemesanan pada barang yang     mereka jual biasanya konsumen melakukan transaksi melalui SMS atau telpon kepada        bapak Nugraha ini.

Berikut adalah sistem akuntansi yang mereka gunakan , kami memberikan contoh gambar pembukuan yang mereka gunakan sudah ada ijin dari pemilik kedai.

IMG-20131028-01826

            Berikut adalah keadaan kedai sosis :

IMG-20131028-01819

IMG-20131028-01811

Bekasi Timur-20131029-01829

                        Jika ingin melakukan pembelian ke tempat langsung bisa mengunjungi di   jl.Markisa blok L no 46, wisma asri 1 , bekasi utara. Atau bisa melakukan   pemesanan melalui : 085780773304, 085780773302

Berikut adalah alur DFD nya :

 

 

DFD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: