RANGKUMAN DFD

RANGKUMAN DATA FLOW DIAGRAM

 

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang apa itu Data Flow Diagram yang telah saya telusuri.

Data Flow Diagram atau sering disingkat DFD yaitu perangkat analisis dan perancangan yang terstruktur yang dapat menganalisis sistem, memahami sistem dan subsistem secara visual dalam suatu rangkaian aliran data yang saling berkaitan. Berikut adalah contoh simbol-simbol pada data flow diagram :

Untitled

Saya telah menemukan beberapa definisi DFD menurut para ahlinya, yang masing-masing memiliki pemahaman sendiri , sebagai berikut :

Pengertian Data Flow Diagram Menurut Para Ahli

  • Pengertian Data Flow Diagram (DFD) Menurut Wikipedia adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis.
  • Pengertian Data Flow Diagram (DFD) Menurut Wijaya (2007) Adalah gambaran grafis yang memperlihatkan aliran data dari sumbernya dalam obyek kemudian melewati suatu proses yang mentransformasikan ke tujuan yang lain, yang ada pada objek lain.
  •  Pengertian Data Flow Diagram (DFD) Menurut Kristanto, 2003 adalah suatu model logika data atau proses yang dibuat untuk menggambarkan dari mana asal data dan kemana tujuan data yang keluaran dari sistem, dimana data di simpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut, dan interaksi antara data yang tersimpan dan proses yang dikenakan pada data tersebut
  • Pengertian Data Flow Diagram (DFD) Menurut Jogiyanto Hartono, 2005-701 Adalah Diagram yang menggunakan notasi simbol untuk menggambarkan arus data system

 

Setelah mengetahui apa itu data flow diagram, DFD juga memiliki beberapa fungsi , yang nantinya kita dapat lebih memahami lagi DFD itu sendiri.

Berikut adalah fungsi dari DFD :

  •  Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.
  • DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
  • DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program

 

Untuk pemahaman lebih lanjut disini saya menemukan beberapa langkah-langkah atau cara membuat DFD seperti apa, dan juga terdapat syarat pembuatan DFD.

Cara untuk membuat data flow diagram yaitu :

  1. Identifikasi semua kesatuan luar yang terlibat dengan sistem. .
  2. Identifikasi input  dan output yang berhubungan dengan kesatuan luar
  3. Buatlah gambaran dari konteks diagram

 

Syarat pembuatan DFD ini akan menolong profesional sistem untuk menghindari pembentukkan DFD yang salah atau DFD yang tidak lengkap atau tidak konsisten secara logika. Beberapa syarat pembuatan DFD dapat menolong profesional sistem untuk membentuk DFD yang benar, menyenangkan untuk dilihat dan mudah dibaca oleh pemakai.

Syarat-syarat pembuatan DFD ini adalah :

1.  Pemberian nama untuk tiap komponen DFD

2. Pemberian nomor pada komponen proses

3. Penggambaran DFD sesering mungkin agar enak dilihat

4. Penghindaran penggambaran DFD yang rumit

5. Pemastian DFD yang dibentuk itu konsiten secara logika

 

Didalam DFD terdapat 3 level, yaitu :

1.  Diagram Konteks : menggambarkan satu lingkaran besar yang dapat mewakili    seluruh proses yang terdapat di dalam                           suatu sistem. Merupakan tingkatan     tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol). Semua entitas eksternal                           yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama                                 sekali tidak memuat penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan.

2. Diagram Nol (diagram level-1) : merupakan satu lingkaran besar  yang mewakili lingkaran-lingkaran kecil yang ada di                            dalamnya. Merupakan pemecahan dari diagram Konteks ke diagram Nol. di dalam diagram ini memuat penyimpanan                            data.

3. Diagram Rinci : merupakan diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram Nol.

 

SUMBER INFORMASI DAN DATA YANG DIPEROLEH MELALUI LINK DIBAWAH INI :

http://7enius.wordpress.com/2012/03/11/pengertian-fungsi-dan-contoh-dari-data-flow-diagramdfd/

http://try-putri.blogspot.com/2013/11/pengertian-data-flow-diagram-dfd.html

http://alonealonewae.blogspot.com/2012/01/data-flow-diagram-dfd.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: