DFD Jurnal Springer

DFD pada Jurnal Springer

Pada tugas kali ini akan menjelaskan Data Flow Diagram atau biasa disingkat DFD yang telah ditelusuri melalui jurnal springer yang berjudul persyaratan sistem informasi untuk pertanian eksperimental, nantinya akan saya jelaskan kembali dalam analisis sitem DFD yang telah mereka buat, untuk penjelasan saya juga mengambil beberapa kata yang mereka buat tetapi saya kembangkan kembali. Berikut adalah contoh gambar DFD nya:

DFD 1

DFD 2

DFD 3

Pada DFD diatas adalah untuk mencari alur dari penyimpanan , pengolahan dan penyajian data spatio -temporal untuk percobaan penelitian dan pengelolaan yang spesifik.

Diawali dengan peneliti ( pelanggan) melakukan proses pengisian formulir aplikasi untuk permintaan percobaan dan melakukan pemilihan sub – bidang oleh manajer pertanian di konsultasi dengan para peneliti . Kemudian berlanjut pada perencanaan percobaan atau uji coba , setelah itu alokasi tugas lalu menghitung pembayaran pengguna sesuai dengan perawatan atau pelayanan yang nantinya akan dilakukan selama masa percobaan . Setelah poses pengisian formulir dan perencanaan uji coba telah dibuat kemudian para peniliti memerlukan catatan pada sejarah untuk mencari daerah mana yang akan di uji coba atau percobaan yang akan dipilih sub-bidangnya, kemudian dilakukannya perawatan pada bidang yang nantinya akan digunakan berupa dasar bidang, struktur tanah, rotasi tanaman, nutrisi yang akan diberikan, dan penggunaan pestisida. Nah, perawatan ini juga yang nantinya akan dijadikan perhitungan pembayaran pengguna. Lalu peniliti juga butuh peta pertanian yang nantinya akan dibutuhkan juga untuk data para staff , setelah adanya peta pertanian otomatis para peniliti akan tahu dimana letak bidang yang akan diuji tersebut dan tentunya akan dijadikan sebagai sumber daya , sumber daya ini yang akan diuji atau dilakukan percobaan. Laporan pencatatan sejarah, melakukan perawatan, dibuatnya peta pertanian,serta pengujian akan langsung diterima datanya oleh para staff UF. Kemudian penghitung pembayaran pengguna akan melaporkan pembayaran tersebut kepada sumber daya UF dan uji coba yang nantinya akan melaporkan data tersebut kepada para peneliti (pelanggan). Alokasi tugas ini bertugas untuk mengalokasikan tugas untuk staff UF juga kepada sumber daya UF.

 

SUMBER : http://link.springer.com/article/10.1007/s11119-008-9098-5 A systems analysis of information system requirements for an experimental farm S. Fountas Æ M. Kyhn Æ H. Lipczak Jakobsen Æ D. Wulfsohn Æ S. Blackmore Æ H. W. Griepentrog, Published online: 28 November 2008 , Springer Science+Business Media, LLC 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: